Thursday, December 15, 2016

Animasi, Apaan sih?

Share it Please




Oleh: Isma’ilia Khoirun Nasta’in (izmalia98@gmail.com)


Hai teman, salam kenal untuk persahabatan, perkenalkan, nama saya Isma’ilia Khoirun Nastain, Disini saya akan memberikan info nih pada kalian. Sebenarnya animasi itu apaan sih? Kalau kalian akan belajar animasi maka kalian harus paham dulu nih, apa sebenarnya animasi itu. Saya yakin disini teman-teman pasti berangggapan bahwa animasi adalah kartun manusia yang dibuat todak persis dari wujud aslinya. So, sebenarnya animasi itu apa? Dan apa yang harus kita gunakan dalam mebuat animasi? Animasi susah ngga sih? Untuk menjawab itu semua, perhatikan penjelasan dibawah yaa….


Pengertian Animasi
Animasi adalah proses penciptaan objek gerak atau efek perubahan bentuk yang terjadi selama beberapa waktu. Dengan kata lain, Animasi adalah paparan visual yang berbentuk dinamik. Menikmati animasi adalah menikmati gambar bergerak, bercerita dan bersuara. Sebuah animasi juga mampu mengaduk perasaan kita menjadi sedih, menangis, tertawa, gembira bahkan bernafsu dan lain sebagainya.
Masih bingung kah? Intinya gini, kalau kalian tadi beragggapan bahwa animasi itu kartun, sebenarnya iya, tapi yang namanya kartun itu hanya berupa gambar, sedangkan yang dikatakan animasi adalah kartun yang bergerak sehingga memberntuk sebuah gerakan dalam kurun waktu tertentu. Nah, sudah paham kan? Ini adalah penjelasan sederhana dalam memahami arti animasi itu sendiri. Masak iya kalian belajar animasi, namun gambaran pertama tentang animasi saja masih salah, kan lucu, hehe.

Oke, kalau kalian sudah paham tentang gambaran dasar animasi, kemudian kalian pasti bertanya-tanya bagaimana saya akan membuat animasi, tahapan-tahapan apa yang harus saya lakukan dalam membuat sebuah animasi? Aplikasi apa yang harus saya gunakan? Sabar kawan, tenang, pelajari, kuasai, dan laksanakan, hehe. Untuk menjawab pertanyaan itu semua kita akan bahas pada potingan selanjutnya. Pembahasan kita selanjutnya mengenai aplikasi yang digunakan dalam membuat animasi, yaitu adobe flash cs3. So, tungggu postingan selanjutnya ya, hanya di kawasan-animasi.blogspot.co.id! Semangat!

No comments:

Post a Comment

Followers