Thursday, December 22, 2016

Mau Buat Animasi, Tapi Tak Punya Ide?

Share it Please

Penulis: Isma’ilia Khoirun Nasta’in (izmalia98@gmail.com) 
Hai teman, semoga kalian mash dalam jalan kebaikan, masih bersama saya Ismailia. Kali ini kita akan bahas tentang ide cerita kalian pasti sangat kesulitan dalam menentukan idekan? Karena apa, ide itu sanagat penting teman. Tanpa ide, kalian  tidak akan menghasilkan apapun. Apalagi ranah kita tentang karya, berat di kepala men! Kalaupaun kalian memasa mengerjakan suatu karya tanpa ide, aku yakin hasilnya tidak maksimal. Smemang sih, niat itu yang utama, tapi selanjutnya butuh ide, yak an? Maka dari itu kalian harus bisa menetukan ide cerita dahulu dalam membuat sebuah animasi. Kemudian, sudahkah kalian menemukan ide?
Info baru nih, untuk membuat sebuah cerita animasi biasanya diawali dengan didapatnya ide atau cerita pendek tentang suatu kejadian. Hal-hal sekecil apapun bisa kita jadikan ide cerita. Bahkan di dalam situasi dan kondisi seperti apapun sebuah ide cerita bisa kita dapatkan. Tergantung bagaimana kita merespon atau tidaknya setiap kejadian tersebut.
Jadi mulai sekarang kalian harus bisa berfikir kritis. Mulailah menilai sekitarmu, sekecil apapun kejadiannya, kalau kamu mempunyai jiwa semangat yang kuat bisa dijadikan ide. Misal nih, kalian lihat temen yang jatuh karena kulit pisang maka imajinasimu harus main untuk membuat adegan lucu dalam animasi. Perlu kalian inga, di animasi semua yang kalian fikirkan bisa terjadi hlo, tergantung kalian dalam ide kalian mau kalian apakan ide yang sederhana ini dan dikembangkan menjadi ide gila.
Kalau misal temen-temen belum sejauh itu dalam berfikir dan berimajinasi, duh dek, jangankan berfikir, berimajinasi tentang dirimu animasi saja tak mampu, masih newbie gan. Oke, itu nggak masalah. Sederhana saja teman, kalian bisa mengambil kejadian-kejadian nyata yang ada dalam kehiduan masyarakat. Misal nih, kalian apernah lihat film  captain tsubasa asal jepang yang hitz banget waktu dulu? Itu animasinya keren hlo. Ini bisa kalian masukkan dalam ide, sepertia apa jadinya kalau misalnya membuat animasi orang menendang bola. Tenang, semua ada waktunya. Kita akan mempelajarinya setelah dasar animasi kita pahami terlebih dahulu.

Pembahasan mulai jauh nih, Namun guna memudahkan kita untuk menemukan satu ide cerita, Ada baiknya kita menyiapkan storyboard terlebih dahulu. Apa itu storyboard ? kita akan bahas pada postingan selajutnya yang akan spesifik membahas tentang storyboard dalam membuat animasi. So, sudahkah akalan paham dari materi ini, atau bingung, bimbang, galau? Ah apaan sih. Mulai gak jelas. Okelah, kalian mulai semakin penasaran? Maka kalian harus lihat dan kunjuni terus kawasan-animasi.blogspot.com yang akan terus membimbing kalian dalam membuat animasi, inget! Ini kawasanmu! Hanya di kawasan-animasi.blogspot.com! sampai jumpa di postingan selanjutnya!

No comments:

Post a Comment

Followers